Apa itu COM Surrogate? Pemahaman Serta Cara menghapusnya Di Windows 7,8,10,11

0 1,813

Cara menghapus Dllhost.exe COM Surrogate

Dllhost.exe COM Surrogate adalah salah satu hal yang mungkin akan Anda lihat saat Anda membuka task manager Anda di tab proses. Dllhost.exe bukanlah sesuatu yang baru seperti apa kita temukan di Windows 10, 8, 7, dan bahkan XP juga. Pertama Mari Kita Mengetahui apa itu COM Surrogate pada dasarnya.

Windows telah menyediakan banyak pilihan fitur dan pembaruan selama dekade terakhir sehingga menjadi sistem operasi yang ideal dan paling produktif. Tapi, tentu saja tidak demikian karena pengguna Windows mengalami banyak kesalahan dan sering crash.

Karena sistem operasi Windows bergantung pada banyak proses latar belakang yang beroperasi secara bersamaan dengan program yang Anda jalankan, pasti ada beberapa masalah. Dalam kebanyakan kasus, CPU atau RAM Anda tidak dapat menangani beban tambahan dari operasi ini dan memaksa menutup satu atau lebih proses agar operasi utama tetap berjalan. Salah satu proses tersebut adalah proses COM Surrogate.

Jika Anda juga mendapatkan pesan kesalahan konstan dan laporan kerusakan untuk proses COM Surrogate, panduan ini untuk Anda. Hari ini, kita akan membahas apa proses ini dan mengapa sering crash. Selain itu, kami juga akan mengetahui apakah itu bisa menjadi virus di komputer Anda atau tidak. Jadi pantau terus sampai akhir.

Apa itu COM Surrogate?

Component Object Model atau COM adalah interface developed pada tahun 1993. Ini juga dikenal sebagai dllhost.exe COM Surrogate. Ini membantu untuk membangun objek COM yang pada gilirannya sangat membantu karena file manager Windows didukung oleh dllhost.exe COM Surrogate untuk membentuk gambar thumbnail ketika folder terbuka.

Bersamaan dengan keuntungan, COM surrogate dapat membuktikan untuk bertindak berlawanan jika crash. Ini akan menyebabkan proses host dllhost.exe juga terpengaruh. Microsoft mengatasinya dengan membuat Proses COM surrogate yang akan mengambil alih jika terjadi crash. Saya mengacu “dllhost.exe” yang banyak dari Anda akan tahu sekarang bahwa objek COM adalah file dll.

“COM Surrogate has stopped working”, banyak pengguna menanyakan ini dan mereka juga akan menghadapi proses lain untuk berhenti berfungsi juga.
Proses penggunaan disk yang serupa di Task Manager adalah Windows Modul Installer Worker.

COM Surrogate adalah salah satu dari banyak proses bawaan yang diinstal bersama dengan OS Windows. Proses ini telah menjadi bagian dari sistem operasi Windows untuk waktu yang sangat lama, dan Anda akan menemukannya di versi Windows yang lebih lama juga, seperti Windows 8.1, Windows 8, Windows 7, dll.

Apa Fungsi Dari COM Surrogate atau dllhote.exe Ini?

Fungsi COM Surrogate atau dllhote.exe adalah untuk menangani ekstensi program. Dengan kata sederhana, proses COM Surrogate mengoperasikan perangkat lunak atau aplikasi tertentu tanpa benar-benar menjalankannya. Program seperti penjelajah internet disebut objek COM, dan proses COM Surrogate hanya menggunakannya tanpa benar-benar meluncurkannya di desktop untuk menyelesaikan tugas tertentu.

Proses COM Surrogate diperkenalkan di sistem operasi Windows untuk meningkatkan stabilitas dan keandalan sistem. Jika Anda memeriksa pengelola tugas Anda sekarang, ada kemungkinan besar Anda akan menemukan proses COM Surrogate berjalan di latar belakang. Ada banyak tugas berbeda yang dilakukan oleh proses ini.

Meskipun, COM Surrogate bukanlah proses sistem yang berat. Jika ada, layanan COM Surrogate menghabiskan sebagian kecil dari RAM Anda dan daya CPU yang dapat diabaikan untuk beroperasi di latar belakang. Dengan demikian, Anda tidak akan melihat adanya lag atau stutter karena proses dllhost.exe.

Cara Mengetahui Objek COM Yang mana Proses COM Surrogate adalah Hosting?

Task Manager di mana Anda mengidentifikasi Dllhost.exe COM Surrogate Windows 10 tidak akan memberikan informasi tentang file dllhost.exe. Untuk ini, Anda hanya perlu mengunduh Process Explorer dari Microsoft. Perangkat lunak ini akan membantu Anda melihat proses dllhost.exe yang berbeda untuk membantu objek COM Surrogate yang berbeda.

Di Task Manager Windows standar, Anda hanya dapat melihat proses aktif di sistem Anda dan sumber daya yang mereka konsumsi. Di bagian informasi tambahan, Anda dapat mengetahui tujuan file yang dapat dieksekusi, tetapi hanya itu. Tidak mungkin untuk mengetahui alasan proses aktif. Dalam kasus proses COM Surrogate, tidak mungkin untuk mengetahui objek COM yang di-host oleh proses dari task manager.

Karenanya, kami sarankan Anda mengunduh alat Microsoft Process Explorer. Setelah program ini terinstal, Anda cukup melihat berbagai proses yang berjalan di sistem Anda dan mencari tahu mengapa mereka aktif dan file apa yang mereka hosting. Untuk proses COM Surrogate, cukup arahkan kursor Anda ke proses dllhost.exe, dan Anda akan mengetahui detail file DLL yang di-host oleh proses tersebut.

Dengan mengetahui objek COM yang dihosting oleh proses COM Surrogate, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi apakah itu proses asli atau virus. Juga, Anda dapat memutuskan apakah Anda dapat menonaktifkannya atau tidak dengan melihat file DLL yang di-host. Jika dllhost.exe menghosting program seperti Xbox game bar, Cortana, atau proses lain yang tidak Anda perlukan, Anda cukup menonaktifkan proses COM Surrogate tanpa masalah.

Namun, kami sangat menyarankan Anda untuk tidak menghapus atau menonaktifkan proses ini. Karena ini adalah layanan Windows yang penting, menghapusnya mungkin menyebabkan lebih banyak kerusakan dan kesalahan dalam sistem. Mungkin juga membuat sistem Anda lebih lambat dari biasanya.

Dllhost.exe berhenti bekerja?

Sekarang setelah Anda memahami apa itu COM Surrogate dan cara kerjanya, mari kita coba memahami mengapa proses itu sering macet. Umumnya, laporan kerusakan dan pesan kesalahan adalah pemberitahuan penting yang muncul di layar dan meminimalkan program Anda saat ini. Meskipun laporan kerusakan tidak sepenuhnya diperlukan, itu muncul setiap kali proses macet, yang menjadi sedikit mengganggu seiring waktu.

Crashing sangat umum terjadi pada proses COM Surrogate atau dllhost.exe karena layanan ini merupakan layanan pengorbanan yang dirancang untuk mengambil alih program utama. Misalnya, jika proses COM Surrogate menangani permintaan dari file explorer dan ada kesalahan kritis dalam tugas, proses COM Surrogate lumpuh bukan file explorer. Ini mengurangi potensi waktu henti sistem karena proses berat membutuhkan waktu lebih lama untuk dimulai ulang.

Tapi, ini juga menyebabkan seringnya laporan kesalahan dari proses COM Surrogate, yang menjadi masalah yang valid dalam sistem. Dengan demikian, kami akan mencoba memahami cara mengetahui objek COM mana yang dihosting oleh proses COM Surrogate dan apakah mungkin untuk menonaktifkannya sepenuhnya atau tidak.

Apakah COM Surrogate Virus / Malware?

Dllhost.exe COM Surrogate adalah proses penting yang terjadi di PC Anda, dan itu tidak berbahaya sama sekali. Apa yang membuatnya tampaknya seperti malware.?. Trojan.Poweliks adalah malware yang menggunakan file .dll ini dan menjalankan tugas-tugasnya yang tidak bersih. Anda dapat mengidentifikasi untuk Microsoft Dllhost.exe COM Surrogate malware karena akan mengkonsumsi memori yang tidak biasa (lebih) dan menghapus malware dari PC.

Seperti yang sudah Anda ketahui, proses COM Surrogate itu sendiri bukanlah virus, dan ini adalah program asli yang diperkenalkan oleh Microsoft di OS Windows. Tapi, itu bisa dengan mudah ditiru dan diubah menjadi malware. Ada banyak virus Trojan yang menggunakan ekstensi dllhost.exe untuk menghindari deteksi. Virus ini akan aktif setiap saat di sistem Anda, dan Anda tidak akan menyadarinya karena akan menyamar sebagai proses COM Surrogate. Jika Anda melihat lebih dari satu contoh dllhost.exe di komputer Anda, ada kemungkinan besar sistem Anda disusupi dan dipengaruhi oleh virus.

Cara lain untuk mengidentifikasi apakah layanan itu sah atau tidak adalah dengan melihat kinerja dan konsumsi sumber dayanya. Proses COM Surrogate asli tidak membutuhkan banyak sumber daya. Jadi, jika Anda melihat dllhost.exe menggunakan daya CPU dan kapasitas RAM yang luar biasa tinggi, itu mungkin virus.

Virus ini mengumpulkan data pengguna yang merupakan situasi yang mengkhawatirkan. Data ini mencakup aktivitas Anda, kata sandi, data sensitif, dan banyak lagi. Selain itu, virus ini dapat memasang pintu belakang di sistem Anda, yang dapat diakses oleh peretas untuk mengendalikan sistem Anda dari jarak jauh. Beberapa Trojan juga memperkenalkan ransomware dalam sistem, yang mengenkripsi file dan memerlukan kode tertentu untuk mendekripsi file.

Menghapus dllhost.exe * 32 COM Surrogate Virus / Malware

Biasanya ini dinamakan sebagai dllhost.exe * 32 COM Surrogate malware, dan Panduan Penghapusan Virus akan membantu Anda dalam hal ini. Untuk mencegah terinfeksi oleh virus dan penggunaan CPU tinggi karena dllhost.exe, tetap diperbarui dengan Windows terbaru, antivirus yang baik. Anda juga tidak boleh mematikan pembaruan otomatis , atau mematikan Anti Virus/Windows Defender.

Bagaimana Cara Menghapus dllhost.exe COM Surrogate?

Pertama, Anda seharusnya tidak ingin menghapus, dan memperbaiki setelah COM Surrogate telah berhenti bekerja. Kedua, Anda tidak dapat menonaktifkan dllhost.exe COM Surrogate karena merupakan proses dasar yang banyak bergantung pada proses lainnya. Ada puluhan proses dllhost.exe yang terjadi di PC Anda membuatnya menjadi penting.

Menghapus file dllhost.exe palsu semudah menghapus virus lain dari komputer Anda. Ini dapat diselesaikan dengan pemindaian keamanan sederhana pada komputer Anda. Anda dapat menggunakan program antivirus premium apa pun pilihan Anda atau antivirus windows defender bawaan untuk menyingkirkan file dllhost.exe palsu. Inilah cara Anda dapat memindai komputer Anda dari virus melalui Windows Defender:

  1. Tekan “windows+i” untuk membuka pengaturan windows.
  2. Sekarang, klik opsi “update and security”. Preferensi keamanan windows tersedia di bagian ini.
  3. Di sini, buka kolom sebelah kiri dan pilih opsi “Windows security”.
  4. Setelah itu, klik opsi “Virus and threat protection”.
  5. Di Sini. Anda akan menemukan opsi antivirus windows defender. Anda dapat memindai sistem Anda, memeriksa program yang diizinkan dan mengecualikan folder dari Windows defender.
  6. Klik “scan options” dan lakukan full scan pada sistem Anda.
  7. Setelah pemindaian dimulai, duduk dan rileks karena mungkin perlu sekitar satu jam untuk menyelesaikannya tergantung pada ukuran drive Anda dan jumlah file di komputer Anda.
  8. Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat ancaman yang teridentifikasi dalam sistem. Cukup hapus file yang terpengaruh sepenuhnya, dan sistem Anda akan bebas dari virus.

Jika Anda masih melihat file dllhost.exe yang terpengaruh di komputer Anda setelah anda scan, Anda dapat mencoba menghapus file secara manual. Berikut cara melakukannya:

  1. Tekan “ctrl + shift + esc” untuk membuka pengelola tugas Anda.
  2. Temukan proses dllhost.exe yang terpengaruh di tab “processes”. Klik kanan padanya dan pilih “open file location”.
  3. Ini akan membawa Anda ke tujuan file executable yang terpengaruh. Anda dapat mencoba menghapus file dari sini secara langsung. Jika memberikan kesalahan, coba hentikan proses dari pengelola tugas sebelum menghapusnya lagi.
  4. Jika Anda menghadapi masalah izin saat menghapus file, klik kanan padanya dan pilih “Properties”.
  5. Buka tab “securities” dan klik opsi “lanjutan” untuk membuka pengaturan keamanan lanjutan. Di sini,
  6. Anda dapat mengubah pemilik file ke akun Anda saat ini,
  7. Klik pada opsi “Change” yang ada di depan pemilik dan ketik nama akun Anda di jendela berikutnya.
  8. Anda juga dapat mencari nama akun dengan menggunakan opsi “check names” yang tersedia di sebelah kanan.
  9. Setelah Anda mengubah pemiliknya, tekan “ok” dan tutup jendela ini. Sekarang, Anda dapat menghapus file.
  10. Jika Anda masih menghadapi masalah terkait izin, buka tab izin dan berikan “full control” ke akun yang dipilih.
  11. Setelah Anda menghapus file, restart sistem Anda dan periksa apakah itu berjalan di sistem Anda atau tidak.

Kesimpulan

Seperti yang kita semua tahu, menghapus file sistem menimbulkan banyak masalah dalam sistem. Dengan demikian, pengembang malware memanfaatkan masalah ini dan membuat malware yang terlihat identik dengan proses sistem. Salah satu program tersebut adalah dllhost.exe yang merupakan salah satu bagian penting dari OS Windows.

Jika Anda telah berhasil mengidentifikasi virus di komputer Anda, Anda dapat memeriksa langkah-langkah yang disajikan di atas untuk menghapusnya dari komputer Anda. Jika Anda tidak yakin tentang proses COM surrogate dan mengapa itu penting, Anda dapat memeriksa panduan kami untuk proses COM surrogate yang tersedia di sini.

Tinggalkan Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.