Apple iPhone 14 Pro dengan Chipset A16 Bionic Terbaik

0 241

Apple iPhone 14 Pro dengan Chipset A16 Bionic

Apple iPhone 14 Pro menghadirkan chipset baru, kamera yang lebih baik, dan Pulau Dinamis. Nah, itu tidak banyak perbaikan seperti yang kita semua harapkan, tapi masih lebih baik dari varian dasar, yang membawa…umm…hampir tidak ada yang baru.

Apple IPhone 14 Pro hadir dengan layar OLED 120Hz yang cantik dengan guntingan berbentuk pil di bagian atas dan menampilkan mode tampilan selalu aktif. Kamera 48MP baru memungkinkan Anda mengambil bidikan menakjubkan, terutama dalam cahaya redup. Ponsel ini akan tersedia dalam empat pilihan warna: Ungu Tua, Emas, Perak, dan Hitam.

Apple iPhone 14 Pro menghadirkan banyak peningkatan dibandingkan model Pro tahun lalu yang akan kami bahas dalam ulasan ini.

Apple iPhone 14 Pro adalah iPhone pertama yang menampilkan chipset A16 Bionic bersama dengan desain berbentuk pil baru. Kami juga mendapatkan beberapa perubahan besar di departemen kamera dengan lensa utama 48MP yang baru. Untuk pertama kalinya dalam sejarah iPhone, iPhone 14 Pro hadir dengan tampilan kecepatan refresh 120Hz.

Sekilas Spesifikasi Apple iPhone 14 Pro

Sebelum kita membahas secara detail tentang Apple iPhone 14 Pro, mari kita lihat seperti apa spesifikasi di atas kertas:

  • Layar: Layar Super Retina AMOLED 6,1 inci
  • Chipset: A16 Bionic
  • RAM & ROM: RAM 6GB | Penyimpanan 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
  • Perangkat lunak: iOS 16
  • Kamera belakang: 48MP + 12MP + 12MP
  • Kamera selfie: 12MP
  • Berat: 206 gram
  • Dimensi: 147,5 x 71,5 x 7,85 mm

Isi Dalam Kemasan Kotak Apple iPhone 14 Pro

Apple iPhone 14 Pro mengemas item berikut di dalam kotak:

  • Handset
  • Kabel USB-C ke Lightning
  • Dokumentasi

Desain dan Pembuatan

Dimulai dengan desain, Apple iPhone 14 Pro mendapatkan beberapa perubahan besar. Anda akan melihat guntingan berbentuk pil baru di bagian depan pada pandangan pertama. IPhone 14 Pro adalah ponsel Apple pertama yang mendapatkan guntingan berbentuk pil di bagian depan, yang oleh Apple disebut ‘Dynamic Island’.

Ini benar-benar terlihat segar dan inovatif, sesuatu yang sudah lama kita semua inginkan dari Apple. Lebih lanjut tentang itu nanti di ulasan ini. Membalik telepon, Anda akan melihat bagian belakang kaca dengan lapisan matte yang terasa nyaman di tangan. Perubahan selanjutnya adalah pengaturan tiga kamera di bagian belakang, yang ukurannya sedikit lebih besar dengan lensa primer baru.

Ini juga sedikit lebih tebal dari tahun lalu, karena sel baterai yang lebih besar di dalamnya. IPhone 14 Pro memiliki tipikal tepi datar dengan sudut melengkung, yang memiliki lapisan mengkilap. Saya memiliki opsi warna Space Black dari iPhone 14 Pro, yang terlihat luar biasa. Selain itu, ada pilihan warna lineup Pro seperti Silver, Gold, dan Deep Purple yang semuanya baru.

Pada port dan tombol, ponsel ini memiliki tombol power di sisi kanan. Sedangkan sisi kiri menampung tombol volume, SIM card tray dan tombol Mute. Sisi bawah menampung kisi-kisi speaker dan mikrofon, bersama dengan port penerangan untuk mengisi daya telepon.

Anda juga dapat melihat peringkat IP68 untuk ketahanan air dan debu. Secara keseluruhan, tampilan Apple iPhone 14 Pro terbaru tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Faktanya, satu-satunya perubahan yang terlihat adalah Pulau Dinamis yang baru.

Kamera Apple iPhone 14 Pro

Kamera adalah tempat Apple iPhone 14 Pro mendapatkan perubahan besar. IPhone 14 Pro hadir dengan pengaturan tiga kamera, seperti halnya model Pro tahun sebelumnya. Namun, 14 Pro baru mengemas sensor utama 48MP yang ditingkatkan daripada lensa 12MP yang sudah ada sejak lama.

Dua lensa lainnya adalah lensa ultra lebar 12MP dan lensa telefoto 12MP. Bagian depan memiliki kamera TrueDepth 12MP untuk mengambil selfie.

Kamera 48MP baru mengambil beberapa bidikan yang sangat mengesankan. Gambarnya jelas dan tajam serta dikemas dengan detail. Rentang dinamisnya luar biasa, dengan warna yang akurat. Anda juga mendapatkan zoom 2X yang menghasilkan bidikan hebat. Secara keseluruhan, Anda dapat mengharapkan beberapa foto bagus di siang hari.

Bahkan bidikan yang diambil dalam cahaya redup pun sangat bagus dan detail. Bidikan potret sangat menakjubkan, dengan deteksi tepi yang presisi dan keburaman latar belakang yang bagus. Mereka memiliki detail, kontras, dan warna yang sangat baik.

Lensa ultra lebar dan lensa telefoto hampir sama dengan tahun lalu. Mereka melakukan pekerjaan yang baik dalam mengambil bidikan ultra lebar dan bidikan zoom. Sejujurnya, Anda tidak akan melihat banyak perubahan dalam kualitas gambar jika Anda membandingkannya dengan iPhone 13 Pro.

Ke depan, selfie yang diambil dengan kamera 12MP memiliki banyak detail dan kejelasan. Berkat fokus otomatis, subjek tetap fokus dengan baik dan menghasilkan selfie yang cerah dan stabil dengan rona kulit alami.

Sekarang datang ke kemampuan merekam video, tidak ada yang berubah di sini. Anda dapat merekam video 4K pada 24 fps, 25 fps, 30 fps, atau 60 fps dari kamera belakang dan depan. Dengan seri iPhone 14, Apple juga memperkenalkan mode Aksi baru yang memungkinkan pengguna mengambil beberapa video stabil yang terlihat sangat profesional.

Mode sinematik dapat merekam video pada 4K/30 fps, sedangkan mode Aksi dibatasi pada 2,8K/60fps.

Baterai dan Pengisian Daya

Apple iPhone 14 Pro mengemas baterai 3200 mAh, menurut beberapa ahli. Kami mendapatkan peningkatan kecil dari iPhone 13 Pro ( ulasan ), yang memiliki baterai 3.095 mAh. Sekarang, ya, ini mungkin terlihat sedikit kurang dari apa yang ditawarkan oleh ponsel android lainnya, tetapi kita semua tahu bagaimana Apple mengoptimalkan ponselnya untuk menghasilkan masa pakai baterai yang hebat.

Hal yang sama terlihat di iPhone 14 Pro, karena menawarkan masa pakai baterai sepanjang hari. Pengguna ringan bahkan dapat mengharapkan ponsel bertahan satu hari lagi, tetapi pengguna biasa seperti saya perlu mengisi daya ponsel di penghujung hari.

Perhatikan bahwa mode tampilan selalu aktif dapat sedikit mengurangi masa pakai baterai, tetapi sekali lagi, ini bergantung pada cara pengguna menggunakan perangkat.

Berbicara tentang pengisian daya, Apple masih memutuskan untuk menawarkan dukungan pengisian cepat 20W, yang benar-benar mengecewakan. Pengisi daya cepat 20W membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk mengisi penuh ponsel dari 0 hingga 100 persen. IPhone 14 Pro juga mendukung dukungan pengisian daya nirkabel yang kompatibel dengan MagSafe dan Qi.

Layar Apple iPhone 14 Pro

Apple iPhone 14 Pro menampilkan layar OLED 6,1 inci, yang ukurannya sama dengan model vanilla. Namun, fitur menonjol dari model Pro adalah panel kecepatan refresh 120Hz yang pertama kali terjadi di iPhone.

Layar dilengkapi dengan kecerahan puncak 1.600 nits sambil mengonsumsi konten HDR yang dapat mencapai 2.000 nits di lingkungan luar ruangan. Ini adalah tampilan paling terang yang pernah saya lihat di smartphone. Saya dapat dengan mudah menggunakan telepon di bawah sinar matahari langsung tanpa masalah sama sekali.

Refresh rate 120Hz membuat segalanya lebih mulus, terutama pengalaman scrolling. Selain itu, bisa serendah 1Hz. Kualitas tampilan iPhone 14 Pro sangat memukau, panel OLED cerah dan teks di layar jernih.

Tak ketinggalan, Anda bisa melihat guntingan berbentuk pil baru di bagian atas, yang disebut Apple sebagai Pulau Dinamis. Ini adalah perubahan besar dari kedudukan lama yang sama yang telah kita lihat selama hampir setengah dekade.

Sejujurnya, meskipun kualitas gambarnya luar biasa, pengalaman menontonnya bukan karena guntingan berbentuk pil. Agak menghambat saat menonton video atau film, mungkin karena mata saya sudah terbiasa dengan guntingan punch-hole. Ini bukan gangguan besar dan jelas bukan pemecah kesepakatan.

Selain itu, Apple akhirnya memutuskan untuk menawarkan fitur layar selalu aktif dengan iPhone 14 Pro. Perisai Keramik melindungi tampilan dari goresan kecil dan jatuh yang tidak disengaja.

Performa Apple iPhone 14 Pro

Apple iPhone 14 Pro ditenagai oleh chipset Bionic A16 terbaru yang dipasangkan dengan RAM 6GB dan penyimpanan hingga 1TB. Chipset ini hanya tersedia di model Pro, sedangkan model dasarnya hadir dengan chipset tahun sebelumnya.

IPhone 14 Pro menjalankan tugas sehari-hari tanpa bersusah payah. Manajemen RAM luar biasa dan aplikasi tetap berada di latar belakang untuk waktu yang lama. Multitasking juga sangat lancar dan hampir tidak mengalami masalah apa pun.

Namun, chipset baru ini bukanlah peningkatan besar dari tahun lalu. Sejujurnya, Anda bahkan tidak akan melihat adanya perbedaan saat menggunakan telepon untuk aktivitas sehari-hari. Namun, ketika membandingkannya dengan smartphone andalan Android lainnya, iPhone 14 Pro benar-benar mematikan para persaingnya.

Perangkat Lunak dan UI Apple iPhone 14 Pro

Apple iPhone 14 Pro berjalan pada iOS 16 terbaru, yang dilengkapi dengan beberapa fitur baru dan opsi penyesuaian. Beberapa di antaranya adalah indikator persentase baterai, mode tampilan selalu aktif, aplikasi kesehatan baru, dan lainnya.

iOS 16 menawarkan dua fitur software baru yang menonjol – Dynamic Island dan always-on display. Mari kita mulai dengan Dynamic Island baru dan bagaimana Apple telah mengintegrasikannya dengan perangkat lunak untuk menawarkan pengalaman UI yang luar biasa. Itu dapat memanjang di sisi kanan dan kiri untuk menampilkan informasi tertentu seperti pengatur waktu, acara, pemutaran musik, dan lainnya.

Anda dapat mengetuk animasi untuk membuka aplikasi terkait atau mengetuk dan menahan untuk membuka layar pop-up kecil. Tidak ada yang revolusioner selain sentuhan yang bagus untuk menawarkan lebih banyak fungsi multitasking.

Berikutnya adalah layar selalu aktif. Ini adalah versi layar kunci Anda yang diredupkan, yang menunjukkan waktu, tanggal, dan notifikasi. Anda hanya memiliki opsi untuk mematikan/menghidupkannya dari pengaturan, tidak ada yang lain.

Dengan seri iPhone 14, Apple telah menghadirkan fitur konektivitas SOS Darurat. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim teks darurat dan melakukan panggilan saat darurat jika tidak ada konektivitas seluler dengan bantuan satelit.

Fitur keamanan lain dengan iPhone baru adalah fitur Crash Detection, sesuatu yang saya harap tidak perlu Anda gunakan. Ini mendeteksi ketika terjadi kecelakaan mobil dan secara otomatis menginformasikan layanan darurat.

Apple iPhone 14 Pro Audio, Konektivitas, Biometrik

Apple iPhone 14 Pro hadir dengan pengaturan speaker stereo, salah satunya terletak di bagian bawah sedangkan lubang suara berfungsi sebagai yang lain. Kualitas suara speaker ini luar biasa. Audio menjadi cukup keras tanpa distorsi yang terlihat. Ini menawarkan pengalaman audio yang seimbang dan kaya.

Bicara soal konektivitas, iPhone 14 Pro hadir dengan konektivitas 5G dengan dukungan 22 band 5G. Ini termasuk n1, n2, n3, n5, n7, n8, n12, n20, n25, n26, n28, n30, n38, n40, n41, n48, n53, n66, n70, n77, n78, dan n79. Opsi konektivitas lainnya adalah Wi‑Fi 6, Bluetooth 5.3, NFC, dan GPS.

Biometrik, iPhone 14 Pro hadir dengan pengaturan ID Wajah, yang ditempatkan di Pulau Dinamis. ID Wajah membuka kunci ponsel dengan cepat, bahkan di malam hari, seperti yang diharapkan.

Kesimpulan

Apple iPhone 14 Pro sangat cocok untuk mereka yang mencari kinerja tingkat unggulan dalam ukuran yang ringkas. Meskipun chipset A16 Bionic tidak terlihat seperti peningkatan besar dari A15, kami masih mendapatkan peningkatan performa secara keseluruhan.

Lensa kamera 48MP yang baru merupakan peningkatan besar dari model Pro tahun lalu. Bidikan yang diambil dalam cahaya pemotongan jauh lebih baik dari sebelumnya. Tak ketinggalan, Dynamic Island hanyalah tambahan yang bagus dan sesuatu yang segar yang ditunggu-tunggu semua orang.

Jika Anda merasa informasi diatas masih belum cukup, Anda dapat mencari informasi lebih lanjut di web resmi Apple.

80%
Awesome

Apple iPhone 14 Pro

Apple iPhone 14 Pro menghadirkan chipset baru, kamera yang lebih baik, dan Pulau Dinamis.

  • Design
Tinggalkan Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.