Cara Mengatur Kontrol Orang Tua di Windows 10

0 34

Cara Mengatur Kontrol Orang Tua di Windows 10

Anda perlu melindungi anak-anak Anda dari informasi yang tidak pantas di internet. Oleh karena itu, menyiapkan kontrol orang tua untuk Windows 10 di PC Anda akan sangat membantu agar aman digunakan oleh anak-anak Anda. Kontrol orangtua Windows 10 memiliki beberapa kekurangan, artinya tidak menawarkan perlindungan lengkap untuk sistem anak Anda dan hanya menawarkan perlindungan yang relatif sedikit dibandingkan dengan beberapa aplikasi pihak ketiga. Pada artikel ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah yang diperlukan dalam menyiapkan kontrol orang tua di Windows . Sebelum kita mulai, di bawah ini adalah beberapa batasan kontrol orangtua Windows 10:

  • Ini hanya menampilkan ON dan OFF sebagai opsi kontrol blok yang berarti dapat memblokir untuk anak-anak yang lebih besar dan di bawah blok untuk anak-anak yang lebih muda ketika Anda mematikannya.
  • Opsi pemfilteran pada Microsoft Windows 10 tidak mendukung browser populer seperti Chrome dan Firefox dan hanya dapat diakses di browser Microsoft.
  • Pengaturan mungkin mengganggu kemampuan anak Anda untuk menggunakan aplikasi untuk aktivitas sehari-hari mereka.

Sama seperti kebanyakan pemrograman perangkat lunak yang dipersonalisasi, kontrol orangtua Windows 10 dibatasi hanya untuk perangkat Microsoft dan tidak menawarkan kontrol pada perangkat lain yang digunakan keluarga Anda.

Memulai dengan Kontrol Orang Tua Windows 10

Memulai anak-anak Anda dengan kontrol orangtua Windows 10 mulus dan memberi Anda alat yang tepat (jika agak terbatas) untuk mengontrol aktivitas anak Anda di internet. Ini dapat dicapai dengan memfilter konten web , media, dan aplikasi lain yang tidak pantas. Beberapa fungsinya adalah sebagai berikut:

  • Membantu membatasi aksesibilitas situs di Internet Explorer dan Edge ke situs yang menawarkan konten yang sesuai.
  • Membantu menghilangkan konten dewasa dari hasil di mesin pencari.
  • Anda juga dapat mengatur batasan usia untuk aplikasi, media, dan perangkat lunak berkemampuan perangkat lainnya yang diperoleh dari toko aplikasi di Windows.
  • Anda juga dapat berhasil mengelola waktu layar yang dialokasikan untuk anak-anak Anda dengan membatasi mereka ke jumlah jam tertentu.

Terlepas dari keterbatasannya pada pemfilteran web dan kontrol yang digunakan Microsoft, keuntungan dari kontrol orangtua Windows 10 berlaku di berbagai perangkat. Ketika anak Anda telah menghabiskan batas waktu pada suatu perangkat (misalkan PC, misalnya), Anak tidak dapat beralih ke Tab untuk melanjutkan penelusuran selama itu adalah akun yang sama yang masuk.

Menyiapkan Akun Anak Anda di Windows 10

Menyiapkan akun anak Anda di Windows 10 semudah mungkin; yang Anda butuhkan hanyalah akses internet. Anda dapat membuat akun individual di Windows untuk anak Anda, yang menunjukkan bahwa orang yang ditambahkan adalah anak Anda di bawah pengawasan Anda. Anda kemudian dapat mengatur konten yang diperlukan dan pembatasan penggunaan menggunakan Microsoft Family Anda. Di bawah ini adalah hal-hal yang diperlukan untuk menyelesaikan proses:

  • Koneksi internet.
  • Akun Microsoft yang sudah ada untuk induk.
  • Akun terpisah untuk setiap anak yang akan menggunakan perangkat.
  • Pembuatan hak administrator di tablet atau desktop yang berjalan di Windows 10.
  • Terakhir, Anda akan memerlukan akses ke akun email anak Anda, atau Anda dapat membuatnya khusus untuk tujuan ini. Kemudian Anda dapat melanjutkan untuk mengatur kontrol orang tua pada Windows 10.

Mengelola Kontrol Orang Tua untuk Windows 10

Mengatur kontrol orang tua pada Windows 10 akan memungkinkan Anda untuk memantau aktivitas anak Anda setelah Anda diarahkan ke Microsoft Family. Untuk mengakses ini, klik opsi “Kelola Pengaturan Keluarga Online” untuk melihat fitur sepenuhnya. Anda kemudian dapat melanjutkan untuk mengaktifkan setiap fitur yang ingin Anda aktifkan.

Anda kemudian dapat memilih opsi “Aktivitas” untuk melacak aktivitas akun yang dipantau. Anda kemudian dapat mengaktifkan pembatasan tambahan pada semua aspek yang ingin Anda kontrol, seperti web, waktu pemakaian perangkat, dan aplikasi. Anda juga dapat mengelola fitur-fitur ini dan memodifikasinya sesuai kebutuhan. Situs web Keluarga di Microsoft menawarkan informasi tentang semua fitur ini kepada Anda.

Mengakses Pengaturan Kontrol Orang Tua

Setelah Anda berhasil mengatur anak Anda di Microsoft dengan akun, Anda harus mengonfirmasi bahwa Anda adalah orang dewasa yang bertanggung jawab atas anak tersebut. Kemudian Anda perlu mengatur dan menerapkan kontrol ini untuk perangkat Windows 10 Anda . Di bawah ini adalah proses untuk mencapai ini:

  • Buka menu “Akun” pada dropdown pengaturan.
  • Kemudian lanjutkan ke tab “Keluarga dan Orang Lain”, di mana Anda akan melihat akun anak Anda.
  • Klik pada opsi untuk “Kelola Pengaturan Keluarga Online,” yang akan membawa Anda ke halaman web untuk kontrol Keluarga Microsoft setelah diakses dengan browser Anda.
  • Anda akan melihat halaman yang menawarkan berbagai opsi yang menunjukkan apakah akun anak Anda telah disiapkan dengan benar. Ini akan menampilkan setiap anak yang menjadi tanggung jawab Anda.

Ada pilihan pada menu dropdown yang memungkinkan Anda untuk memantau aktivitas setiap anak secara efektif dan juga mengatur batas kontrol orang tua. Area paling kritis yang perlu Anda pantau untuk anak Anda adalah sebagai berikut:

  • menjelajah web
  • Aplikasi
  • Game dan media
  • Waktu layar

Memblokir Konten Web Dewasa atau Tidak Pantas

Windows diatur untuk memblokir konten dari situs yang berisi informasi yang tidak pantas. Ini akan memblokir hasil pencarian dan juga membantu Anda memfilter konten dari situs web yang berpotensi berbahaya ini. Terlepas dari fitur blokir ini, penting untuk dicatat bahwa ada beberapa kekurangan terkait dengan keamanan anak Anda di internet. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah bahwa itu hanya memblokir konten dari situs web yang sudah masuk daftar hitam – artinya situs apa pun yang tidak ada dalam daftar blokir akan dapat diakses oleh anak Anda.

Situs dengan konten yang dibuat pengguna, seperti kebanyakan platform media sosial, juga tidak disaring dengan tepat, membuat “situs aman” sebaliknya tidak begitu aman.

Selain itu, seperti yang dinyatakan sebelumnya, kontrol Microsoft hanya berfungsi di Internet Explorer dan Microsoft Edge, yang berperingkat rendah dalam hal browser populer.

Memilih Aplikasi, Game, dan Media yang Sesuai

Pengaturan default di Microsoft mencegah anak-anak mengunduh aplikasi atau film dewasa dari App Store dan internet. Dengan menggunakan kontrol orang tua Windows 10, Anda dapat dengan mudah memodifikasi konten yang tersedia di Xbox dan Windows dengan menentukan usia anak Anda, yang diambil oleh pengaturan blokir dan mencegah anak Anda mengakses konten yang dianggap tidak pantas untuk rentang usia mereka.

Mengatur Batas Waktu dan Jadwal Layar

Anda tidak ingin anak Anda menghabiskan seluruh waktunya di depan komputer; oleh karena itu, Anda harus menjadwalkan batas waktu untuk mereka. Ini bukan hanya untuk memastikan mereka punya waktu untuk hal lain, termasuk membaca; Anda juga membutuhkannya untuk melindungi kesehatan anak Anda. Untuk setiap hari, Anda memiliki berbagai opsi untuk menyetel batas waktu pemakaian perangkat untuk anak-anak Anda.

  • Anda dapat menetapkan batas waktu dengan kenaikan yang diperbolehkan setengah jam setiap hari tanpa batasan jumlah total jam yang diperbolehkan untuk anak Anda.
  • Anda juga dapat meninggalkan jadwal default 7 pagi hingga 10 malam setiap hari atau mengatur jadwal khusus.

Setelah anak Anda menghabiskan waktu layar yang dialokasikan dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas atau hal lain, mereka mungkin meminta lebih banyak waktu yang dapat Anda terima atau tolak melalui email.

Kesimpulan

Pentingnya mengatur kontrol orang tua untuk memantau aktivitas anak-anak Anda di komputer tidak dapat terlalu ditekankan. Internet adalah kumpulan informasi yang berbeda saat ini dengan banyak konten yang tidak pantas menghancurkan internet. Oleh karena itu, dengan pengaturan kontrol orang tua Microsoft, Anda akan mengontrol konten yang diekspos anak-anak Anda, sehingga lebih mudah untuk melindungi mereka dari konten yang merusak selama mungkin. Terkadang, mengandalkan pengaturan kontrol orang tua default mungkin tidak menawarkan kontrol total; maka Anda mungkin memerlukan perangkat lunak pihak ketiga untuk melindungi anak Anda dari konten yang tidak pantas secara efektif.

Tinggalkan Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.