Cara Menggunakan WhatsApp di Banyak Perangkat

0 3,712

Cara Menggunakan WhatsApp di Banyak Perangkat

Menggunakan WhatsApp di beberapa perangkat dulunya jauh lebih rumit daripada sekarang. Namun berkat kemampuan Multi-Device WhatsApp, Anda dapat menggunakannya di komputer kapan pun Anda jauh dari ponsel.

Anda masih perlu menautkan perangkat lain ke WhatsApp melalui ponsel cerdas Anda. Namun, setelah Anda melakukannya, Anda tidak lagi memerlukan ponsel agar semuanya berfungsi dengan benar.

Jadi, bagaimana Anda menggunakan fitur Multi-Device WhatsApp? Mari lihat. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur ini, bersama dengan panduan langkah demi langkah.

Apa yang Berubah Dengan Kemampuan Multi-Device WhatsApp?

Sebelumnya, perangkat Anda yang terhubung mengandalkan ponsel cerdas Anda untuk terhubung ke akun WhatsApp Anda. Ini berarti bahwa perangkat Anda yang lain tidak dapat mengenkripsi data atau memulai panggilan melalui WhatsApp. Yang bisa mereka lakukan hanyalah mencerminkan telepon Anda, tetapi telepon Anda masih melakukan segalanya.

Perangkat yang terhubung ke ponsel cerdas Anda lebih lambat dan sering terputus, terutama saat ponsel Anda memiliki koneksi yang buruk atau baterainya hampir habis. Yang lebih menyebalkan lagi, Anda hanya dapat menautkan satu perangkat dalam satu waktu.

WhatsApp telah menghilangkan rintangan ini. Sekarang, Anda tidak perlu ponsel cerdas Anda menjadi satu-satunya sumber—Anda juga tidak perlu khawatir tentang perangkat mana yang akan Anda tautkan. Satu-satunya masalah adalah bahwa perangkat tambahan Anda yang terhubung tidak boleh berupa ponsel cerdas lain; Anda harus menggunakan sesuatu seperti laptop sebagai gantinya.

Bagaimana WhatsApp Menyinkronkan Beberapa Perangkat?

Saat perangkat pendamping ditautkan, perangkat utama mengenkripsi semua pesan Anda untuk obrolan tiga bulan terakhir. Setelah itu, ia mentransfernya ke perangkat yang baru ditautkan melalui pesan terenkripsi ujung ke ujung. Sejak saat itu, gadget yang baru saja Anda tambahkan dapat mengakses riwayat pesan dari basis data lokalnya sendiri.

Sinkronisasi bersifat konstan, artinya hal itu terjadi setiap kali kontak baru atau obrolan baru ditambahkan.

Apa Risiko Menggunakan WhatsApp di Banyak Perangkat?

Secara teoritis, pihak ketiga yang jahat dapat menemukan jalan mereka ke dalam komunikasi WhatsApp Anda dengan diam-diam menambahkan perangkat ke akun Anda. Namun, WhatsApp telah mengatasi ancaman ini dengan menerapkan beberapa taktik.

Di masa lalu, enkripsi WhatsApp mengandalkan satu kunci identitas berbasis smartphone. Sekarang, bagaimanapun, setiap perangkat yang ditautkan memiliki kunci identitasnya sendiri. Server WhatsApp melacak semua identitas perangkat yang ditautkan. Siapa pun dan kontaknya dapat memverifikasi semua perangkat yang mereka kirimi pesan.

Kedua, sistem Verifikasi Perangkat Otomatis WhatsApp memungkinkan perangkat untuk membangun kepercayaan antara satu sama lain secara otomatis. Dengan demikian, pengguna tidak perlu membandingkan kode keamanan pengguna lain setiap kali mereka menautkan perangkat baru ke akun mereka.

Namun, masih perlu memindai kode QR antara ponsel Anda dan perangkat yang ditautkan sebelum Anda dapat menggunakannya secara mandiri. Proses ini sekarang memiliki fitur otentikasi biometrik, meskipun Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu di perangkat yang ingin Anda sambungkan.

Terakhir, Anda akan dapat melihat semua perangkat pendamping yang ditautkan ke akun Anda serta kapan terakhir digunakan dan akan dapat keluar dari perangkat tersebut dari jarak jauh jika diperlukan.

Apa yang Tidak Didukung?

Karena fitur Multi-Device WhatsApp masih dalam fase beta pada saat penulisan, fitur ini memiliki beberapa keterbatasan:

  • Anda tidak dapat mengirim pesan atau menelepon pengguna yang memiliki WhatsApp versi lama.
  • Anda tidak dapat menghapus atau menghapus obrolan di perangkat yang ditautkan jika perangkat utama Anda adalah iPhone.
  • Anda tidak dapat menggunakan fitur ini dengan tablet Anda.
  • Anda tidak dapat melihat lokasi langsung di perangkat yang ditautkan.

Akan sulit bagi grup besar untuk berkomunikasi secara efektif karena obrolan yang disematkan, daftar siaran, dan pratinjau tautan belum diaktifkan.

Anda juga tidak dapat bergabung, melihat, atau menyetel ulang undangan grup dari perangkat yang ditautkan. Selain itu, pengguna WhatsApp Business tidak dapat mengedit nama atau label bisnis mereka dari perangkat yang ditautkan.

Namun, batasan ini seharusnya hanya bersifat sementara. Setelah fitur Multi-Device WhatsApp diluncurkan sepenuhnya, kemungkinan mereka akan memungkinkan Anda melakukan lebih banyak hal.

Cara Bergabung dengan Multi-Device WhatsApp

Cara Bergabung dengan Multi-Device WhatsApp

Untuk bergabung dengan Multi-Device WhatsApp, ponsel Anda harus kompatibel dengan versi terbaru WhatsApp. Anda harus mendaftarkan akun WhatsApp Anda ke dalam Multi-Device WhatsApp dan kemudian menautkan perangkat pendamping Anda dengan telepon Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini, yang sesuai dengan tangkapan layar di atas:

  • Ketuk ikon tiga titik yang terletak di sudut kanan atas.
  • Sebuah menu akan muncul dengan opsi berjudul Perangkat tertaut.
  • Pilih Tautkan Perangkat.
  • Buka WhatsApp Web atau aplikasi desktop di perangkat Anda dan pindai kode QR menggunakan ponsel Anda.
  • Setelah pemindaian selesai, perangkat Anda akan ditautkan ke akun WhatsApp Anda. Itu saja yang perlu Anda lakukan.

Jika Anda ingin memutuskan tautan perangkat tertentu, ketuk perangkat target dari halaman Perangkat yang ditautkan dan pilih opsi LOG OUT. Atau, Anda dapat keluar langsung dari perangkat.

Penting untuk dicatat bahwa jika ponsel Anda terputus dari WhatsApp selama lebih dari 14 hari, semua perangkat Anda yang terhubung akan terputus secara otomatis. Anda dapat keluar dari Multi-Device kapan saja dengan mengeklik Perangkat yang ditautkan dan kemudian Multi-Device, yang akan mengarahkan Anda ke tombol TINGGALKAN; cukup ketuk, dan Anda keluar dan kembali ke WhatsApp normal.

Akankah Penautan Multi-Device WhatsApp Menyebabkan Lebih Banyak Gangguan?

Jika Anda rentan terhadap gangguan, akses Multi-Device WhatsApp tidak serta merta membuat situasi menjadi lebih buruk dari sebelumnya. Ingat, ini bukan kesalahan perangkat; terserah Anda untuk mengontrol waktu layar Anda.

Apakah benar-benar perlu memiliki ponsel cerdas dan empat perangkat lain yang semuanya terhubung ke WhatsApp? Yah, itu tergantung. Jika WhatsApp adalah sarana komunikasi utama bagi Anda, mungkin masuk akal karena beberapa perangkat melakukan hal yang berbeda. Laptop Anda mungkin bagus untuk berkomunikasi dengan obrolan grup kantor Anda, sementara ponsel Anda bagus untuk panggilan video keluarga Anda.

Seperti halnya semua teknologi, sepenuhnya terserah Anda dan bagaimana Anda menggunakannya. Secara keseluruhan, kemampuan Multi-Device WhatsApp seharusnya memberi Anda lebih banyak opsi—dan karenanya, lebih banyak peluang untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

Tinggalkan Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.