Crash Dump di Windows 10

0 5,472

Crash Dump di Windows 10

Pada artikel kali ini, saya akan menunjukkan kepada Anda ada dua cara membuat file Crash Dump secara manual di Windows 10. Juga dikenal sebagai file dump Memori atau file dump Windows, file crash dump menyimpan detail tentang aplikasi tertentu atau proses macet di Windows.

Biasanya digunakan untuk menganalisis dan memecahkan masalah, file dump memori ini menyimpan data pada file dan proses yang sedang berjalan selama crash tertentu dan juga tumpukan mode Kernel yang berhenti. Sementara untuk sebagian besar, komputer Anda membuat file-file ini sendiri, sebagian besar ketika ada komplikasi, mungkin ada kebutuhan bagi Anda untuk membuatnya secara manual kadang-kadang juga.

Skenario yang paling umum adalah ketika aplikasi tidak merespons di komputer Anda, dan Anda harus mengirimkan detail kerusakannya ke dukungan teknis untuk mengatasi masalah tersebut.

Secara garis besar, ada tiga jenis file crash dump yang berbeda , meskipun semuanya memiliki tujuan yang sama. File dump dikategorikan berdasarkan ukuran file dan informasi yang mereka pegang. Sebuah dump memori lengkap memiliki tumpukan informasi terbesar. Ini adalah file dump terbesar yang dapat didukung oleh sistem, dengan ukurannya sebesar RAM komputer Anda. File dump Memori Kernel lebih kecil, membuatnya lebih mudah untuk dipindahkan. Jenis ketiga dan terakhir adalah file dump memori kecil , yang hanya berisi informasi paling dasar dan biasanya hanya berukuran 256KB.

Bagaimana cara membuat file Crash Dump secara manual di Windows 10?

Seperti disebutkan sebelumnya, ada dua cara di mana Anda dapat membuat file dump crash. Satu melalui Task Manager, dan yang lainnya menggunakan Command Prompt Anda.

Membuat file Crash Dump menggunakan Task Manager

Pertama-tama, buka Task Manager. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengklik Taskbar dan memilih Task Manager dari menu konteks. Klik pada tab Proses dan klik kanan aplikasi yang ingin Anda buat filenya. Dari daftar opsi yang muncul, pilih Create dump file.

Membuat file Crash Dump menggunakan Task Manager

Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Setelah Anda diberi tahu bahwa file telah dibuat, klik Open File location. Jika Anda tidak ingin tetap berada di tempatnya secara default, Anda dapat menyalin file .dmp dan menempelkannya di lokasi pilihan Anda.

Membuat file Crash Dump menggunakan Command Prompt

Untuk melakukan ini, Anda harus mengunduh ProcDump. Ini adalah command-line utility yang membantu pengguna dalam mengontrol lonjakan CPU aplikasi. Selain itu juga dapat di gunakan untuk memnuat crash dump selama lonjakan tersebut. Alat ini dapat digunakan bersama dengan command prompt untuk membuat file crash dump.

Pertama, unduh ProcDump dari situs web Windows SysInternals. File dalam format .zip, jadi Anda harus mengekstraknya. Setelah mengunduh dan menginstal, cari Command Prompt dan buka untuk menjalankannya sebagai administrator.

Ketik baris perintah berikut untuk membuka folder Procdump dan tekan enter.

cd C:\Path\Procdump

Procdump

Setelah itu, untuk membuat file dump, ketik baris perintah berikut.

procdump APP-NAME

Misalnya, jika Anda ingin membuat file dump untuk File Explorer, maka baris perintahnya adalah:

procdump explorer

Ini akan membuat file mini-dump untuk file explorer Anda. Baris perintah serupa dapat digunakan untuk pembuatan file dump dengan mengganti nama aplikasi dengan Process ID. Jadi, baris perintah alternatif adalah

procdump PROCESS-ID

Anda dapat dengan mudah menemukan Process ID aplikasi tertentu dengan membuka Task Manager dan lalu buka tab Detail. Di sini, Anda akan menemukan semua proses yang berjalan di PC Anda dan PID masing-masing di sebelahnya.

Membuat file Crash Dump menggunakan Command Prompt

Jika Anda ingin membuat file dump ukuran penuh untuk aplikasi atau proses, Anda dapat menggunakan perintah berikut.

procdump -ma APP NAME/PROCESS ID

Di sini juga, nama program yang dapat dieksekusi atau proses IDnya akan berfungsi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, file dump lengkap menyimpan semua informasi memori tentang aplikasi dan menghabiskan banyak penyimpanan, tetapi pada saat yang sama, itu lebih dari apa yang dibutuhkan kebanyakan orang dari file dump.
Setelah selesai, Anda akan menemukan file dump yang dibuat secara manual disimpan di folder yang sama dengan semua file ProcDump lainnya.

Tinggalkan Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.