Mengapa iPhone atau iPad Cepat Panas

0 30

Mengapa iPhone atau iPad Cepat Panas

iPhone atau iPad pada dasarnya adalah komputer berukuran saku, dan seperti komputer lainnya, iPhone akan menghasilkan panas saat digunakan. Namun, tidak seperti laptop atau desktop, ia tidak memiliki kipas untuk mendinginkannya saat panas.

Karena itu, ada sejumlah alasan mengapa iPhone atau iPad menjadi panas. Berikut adalah alasan mengapa ini terjadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya, dan kapan saatnya mengunjungi toko Apple untuk diperbaiki.

Mengapa iPhone atau iPad Menjadi Panas

Sangat normal jika iPhone atau iPad menjadi hangat, atau bahkan panas, saat digunakan. Umumnya, ini terjadi ketika perangkat keras Anda bekerja terlalu keras. Dari bermain game 3D atau streaming video HD hingga penggunaan GPS, editor video, dan aplikasi berat lainnya secara konstan, ada beberapa alasan iPhone atau iPad menjadi panas.

Seperti komputer, perangkat ini menghasilkan panas. Baterai dan system-on-chip, yang mirip dengan CPU komputer, adalah dua komponen utama yang bertanggung jawab untuk produksi panas. Sayangnya, tidak seperti desktop atau laptop, tidak ada kipas built-in untuk mendinginkan komponen secara langsung. Sebaliknya, casing logam iPhone atau iPad bertindak seperti satu konduktor panas besar.

Saat perangkat iOS memanas dan menjadi terasa hangat, panas keluar begitu saja dari komponen internal, yang merupakan hal yang baik. Dikatakan demikian, chip ARM yang digunakan dalam perangkat ini sangat efisien dalam jumlah panas yang mereka hasilkan. Faktanya, mereka hanya menjadi terasa hangat ketika terlalu banyak bekerja untuk waktu yang lama.

Ada perdebatan yang sedang berlangsung mengenai apakah Apple bermaksud agar penggunanya menempatkan iPhone mereka dalam kasing pihak ketiga atau tidak. Namun, toko penuh dengan kasing iPhone dari lusinan produsen berbeda. Apple bahkan membuat kasus mereka sendiri. Jika Anda masuk ke toko Apple untuk membeli iPhone, kemungkinan rekan akan menanyakan apakah Anda menginginkan kasing saat menyelesaikan pembelian.

Oleh karena itu, meskipun tidak membantu, kasing tidak dapat disalahkan atas masalah pemanasan iPhone. Faktanya, dalam banyak kasus, kasus tidak menjadi masalah. Meskipun demikian, jika Anda sering mengalami masalah panas berlebih, mengisi daya perangkat saat menggunakan aplikasi canggih, atau jika Anda tinggal di iklim panas, melepas casing dapat membantu menghilangkan panas lebih efisien dan membuatnya tetap dingin.

Saat iPhone atau iPad Menjadi Terlalu Panas

Hangat dan panas adalah dua hal yang sangat berbeda. Ada juga perbedaan mencolok antara panas dan terlalu panas untuk dipegang. Perangkat iOS Apple dirancang untuk beroperasi antara 32-95 derajat Fahrenheit dan 0-35 derajat Celcius. Jika digunakan di iklim di atas atau di bawah kisaran suhu ini, masalah dapat terjadi, termasuk panas berlebih.

Jika iPhone atau iPad menjadi terlalu panas, sebuah pesan akan muncul di layar yang memberi tahu Anda tentang masalahnya. Banyak fungsi utama perangkat juga akan dialihkan ke mode daya rendah, atau dalam beberapa kasus, dinonaktifkan sepenuhnya. Untungnya, sering kali tidak menggunakan perangkat selama beberapa menit dan membiarkannya dingin di lingkungan yang teduh biasanya akan berhasil dan tidak mengakibatkan kerusakan permanen.

Menjalankan aplikasi yang menuntut di lingkungan yang panas, paparan sinar matahari yang lama, dan meninggalkan perangkat di dalam mobil pada hari yang cerah dan panas, semuanya dapat memicu peringatan suhu di layar. Namun, jika pesan “Geser untuk Darurat” muncul di layar, panggilan telepon darurat mungkin masih dapat dilakukan.

Karena masalah Samsung dengan baterai lithium ion yang digunakan di perangkat Android mereka telah terbukti, membiarkan baterai lithium ion menjadi terlalu panas membawa risiko yang signifikan. Perangkat iOS Apple juga menggunakan baterai lithium ion, dan meskipun relatif aman, baterai tersebut masih dapat menjadi berbahaya saat dioperasikan dalam suhu yang sangat panas.

Untuk mendinginkan iPhone atau iPad saat terlalu panas, cukup matikan dan jauhkan dari sinar matahari ke lingkungan yang teduh. Karena pengisian daya perangkat menghasilkan peningkatan panas, jika pengisian daya, kabel pengisi daya juga harus dilepas. Jika kasing sedang digunakan, melepasnya juga akan membantu. Dengan mengambil langkah-langkah ini, panas akan mulai menghilang dalam hitungan menit.

Meskipun menggoda, salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah meletakkan perangkat di lemari es atau lingkungan dingin lainnya yang akan mengakibatkan perubahan suhu yang tergesa-gesa. Aliran udara langsung dari unit AC, terutama di lingkungan yang panas seperti mobil yang panas, juga harus dihindari. Pendinginan yang cepat akan menyebabkan pengembunan dan berpotensi mengakibatkan kerusakan pada komponen internal perangkat. Sebaliknya, perangkat harus didinginkan secara bertahap.

Jika iPhone atau iPad Selalu Panas

Sangat normal bagi iPhone atau iPad untuk menghasilkan panas, tetapi jika perangkat selalu menjadi panas saat digunakan, itu mungkin merupakan tanda masalah perangkat keras atau masalah dengan iOS. Lebih sering daripada tidak, perangkat lunak adalah penyebab masalah overheating. Jika masalah pemanasan tampaknya mulai tiba-tiba, sebaiknya nonaktifkan aplikasi yang baru saja diinstal dengan membatalkan izin aplikasi latar belakang. Untuk melakukannya, cukup klik “Pengaturan,” lalu “Umum,” dan akhirnya “Penyegaran Aplikasi Latar Belakang.”

Menghapus aplikasi baru seluruhnya juga dapat membantu, terutama jika aplikasi tersebut selalu aktif di latar belakang. Untuk mengetahui apakah Anda memiliki aplikasi latar belakang yang aktif, tekan tombol “Beranda” dan cari bilah di bagian atas layar. Bilah merah menandakan aplikasi yang paling penting untuk dipertimbangkan untuk dihapus. Aplikasi ini menggunakan pemrosesan atau daya baterai, sehingga sangat membebani perangkat. Bilah biru memberi sinyal navigasi melalui Apple Maps atau perangkat yang ditambatkan. Terakhir, bilah hijau menandakan panggilan telepon biasa dan panggilan FaceTime yang masih aktif di latar belakang.

Meskipun beberapa aplikasi dapat mogok dan tetap berada di latar belakang, banyak aplikasi, seperti instrumen digital dan stasiun kerja audio, dirancang untuk tetap aktif di sana. Untuk menghentikan aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang, cukup ketuk tombol “Beranda” dua kali, gulir ke aplikasi, dan gerakkan jari Anda dengan cepat ke atas layar untuk menggesernya.

Jika masalah panas berlebih tidak disebabkan oleh aplikasi atau proses, tindakan lain mungkin perlu diambil. Beberapa pengguna iPhone dan iPad telah dapat memulihkan perangkat mereka di iTunes. Untuk mencobanya, gunakan kabel USB untuk mencolokkannya ke komputer desktop atau laptop yang menjalankan iTunes. Saat diminta, pilih perangkat dan buka halaman “Ringkasan”. Kemudian, pilih “Cadangan.” Setelah selesai, tetap di tab yang sama dan klik “Pulihkan” untuk mengembalikan perangkat ke keadaan semula dan menginstal ulang iOS. Saat diminta, perangkat kemudian dapat dipulihkan menggunakan cadangan yang dibuat sebelumnya di iTunes.

Jika semua tindakan ini terbukti tidak berhasil dan iPhone atau iPad Anda masih terlalu panas, mungkin sudah waktunya untuk mengunjungi toko Apple dan meminta mereka mencobanya sekali lagi. Jika Anda memiliki AppleCare atau perangkat masih dalam garansi, perbaikan tidak akan dikenakan biaya sama sekali. Bahkan jika tidak satu pun dari ini berlaku untuk Anda, masalahnya masih dapat didiagnosis secara gratis dan Anda hanya akan dikenakan biaya untuk perbaikan resmi.

Terakhir, jika iPhone atau iPad selalu menjadi panas, penyebab masalahnya mungkin adalah pengisi daya pihak ketiga yang tidak bersertifikat. Hanya pengisi daya Apple atau pengisi daya pihak ketiga dengan segel persetujuan “Dibuat untuk iPhone” yang boleh digunakan. Pengisi daya yang tidak bersertifikat telah terlibat dalam sejumlah kebakaran dan juga dapat merusak perangkat Anda.

Intinya

Panas adalah normal pada iPhone, iPad, atau perangkat komputerisasi lainnya, terutama yang menggunakan baterai lithium ion. Saat digunakan, ponsel akan terasa hangat saat disentuh. Kecuali jika selalu hangat tanpa alasan yang jelas, tidak perlu khawatir. Untuk penggunaan yang optimal, selalu hindari meninggalkan perangkat Anda di bawah sinar matahari, terutama dengan layar menghadap ke atas. Dengan mengingat ini dan tip lainnya, iPhone atau iPad Anda akan tetap lebih dingin, bekerja lebih baik, dan melayani Anda dengan baik selama bertahun-tahun.

Tinggalkan Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.