OPPO A96 – Ponsel Kelas Menengah Yang Relevan

0 34

OPPO A96 - Ponsel kelas menengah yang relevan

OPPO meluncurkan smartphone kelas menengah OPPO A series terbaru – OPPO A96. Ponsel ini hadir dengan spesifikasi yang diharapkan untuk perangkat kategori ini pada tahun 2022, termasuk baterai besar, tampilan kecepatan refresh tinggi, dan RAM virtual.

Desain

OPPO A96 menampilkan OPPO Glow Design untuk bagian belakang yang menampilkan pola berlian dengan permukaan matte. Hal ini membuat permukaannya sulit untuk meninggalkan sidik jari namun tetap mempertahankan kilau yang membuatnya terlihat seperti ponsel yang lebih mahal. Permukaan belakang terbuat dari plastik, tapi itulah yang diharapkan untuk ponsel dalam kategori ini.

Benjolan kamera relatif tipis, hanya menampung dua kamera dan lampu kilat LED. Tetapi jika Anda tidak menyukai gundukan kamera, ada kotak silikon di dalam kotak jika Anda ingin meratakan bagian belakang ponsel. Warna yang kami terima memiliki warna putih Pearl Pink yang menonjol. Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih low-profile, kami menyarankan warna Starry Black.

OPPO A96 memiliki bingkai plastik melengkung. Ini memiliki pemindai sidik jari yang berfungsi ganda sebagai tombol power di sebelah kanan. Tombol volume, baki kartu SIM, dan kartu memori microSD ada di sebelah kiri. Juga, speaker, port USB-C, dan jack audio 3,5mm ada di bagian bawah.

Di bagian depan adalah layar 6,59 inci dengan batas bezel yang relatif tipis di kiri dan kanan atas. Namun, bagian bawah memiliki dagu yang relatif lebih tebal. Sebuah kamera selfie ada di lubang punch di kiri atas layar. Desain ponsel standar untuk perangkat kelas menengah, meskipun tidak seindah OPPO A95 tahun lalu.

Spesifikasi & fitur teknologi
Meski desain eksteriornya tidak begitu mengesankan, OPPO A96 ini memang memiliki spesifikasi yang menarik untuk sebuah ponsel kelas menengah. Berikut adalah spesifikasi teknis lengkap untuk ponsel ini:

  • Layar LCD FullHD+ 6,59 inci (1080 × 2412), kecepatan refresh 90Hz, rasio layar-ke-tubuh 90,8%, DCI-P3 100%, NTSC 96%
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 680 4G
  • RAM 8GB + RAM Ekspansi hingga 5GB
  • Penyimpanan internal 256GB
  • 50MP main camera + 2MP Bokeh camera
  • Kamera depan 16MP
  • Baterai 5000mAh
  • Pengisian cepat 33W SUPERVOOC
  • Sistem operasi ColorOS 11.1 berbasis Android 11
  • Tahan air IPX4
  • Sensor sidik jari yang dipasang di samping
  • Speaker stereo ganda, jack audio 3,5 mm
  • Pilihan Starry Black atau Pearl Pink white

Meskipun ponsel ini menggunakan panel LCD yang tidak dapat menghasilkan warna yang kaya seperti AMOLED, namun tetap memiliki kecepatan refresh 90Hz yang cepat. Ini akan membuat penggunaan ponsel ini terasa sangat lancar saat Anda menggulir layar.

Layar juga memiliki Teknologi Adaptive Refresh Rate, yang secara otomatis menyesuaikan kecepatan refresh sesuai dengan konten yang ditampilkan untuk memperpanjang masa pakai baterai. Ponsel lain mungkin juga memiliki kecepatan refresh 90Hz, tetapi mereka mungkin tidak memiliki fitur penyesuaian kecepatan refresh otomatis yang sama dengan OPPO A96.

Sedangkan untuk chipsetnya, Snapdragon 680 merupakan chipset 6nm yang memberikan kinerja cepat untuk tugas sehari-hari seperti berselancar internet, mengirim pesan teks, media sosial dan lain-lain. Chipset ini telah banyak digunakan di smartphone 2022 dan dapat tetap relevan setidaknya selama satu tahun lagi.

Modul kamera OPPO A96 sedikit kurang, dengan hanya dua lensa – kamera utama 50MP dan sensor kedalaman 2MP. Ini berarti bahwa mereka yang menyukai bidikan ultra-lebar atau fotografi makro akan kecewa dengan ponsel ini.

Fitur penting dari OPPO A96 adalah baterainya yang besar 5000mAh, yang dapat dengan mudah bertahan lebih dari sehari. Saat mengisi daya, pengisi daya SUPERVOOC 33W dapat mengisi penuh baterai ini dalam waktu singkat. Dan untungnya, charger disertakan dalam kotak.

Seperti kebanyakan ponsel kelas menengah saat ini, OPPO A96 memiliki fungsi Ekspansi RAM yang dapat memperluas RAM sebesar 2GB, 3GB, atau 5GB. Dari segi penyimpanan internal, ponsel ini menawarkan kapasitas 256GB. Anda juga dapat menambahkan lebih banyak penyimpanan dengan kartu memori microSD.

Sedangkan untuk antarmuka (UI), software ColorOS 11.1 mudah digunakan untuk pengguna Android. Tetapi telepon memiliki banyak bloatware. Saat bermain game, Game Space memudahkan Anda mengakses fungsi yang sering digunakan untuk bermain game, seperti peningkatan performa atau perekaman layar. Saat ini, OPPO A96 masih menggunakan sistem operasi Android 11. Namun, saya yakin itu akan segera menerima pembaruan Android 12.

Performa

Sebelum kita beralih ke kinerja, berikut adalah hasil yang dihasilkan dari tes benchmark Geekbench dan 3DMark untuk OPPO A96.

Karena chipsetnya hanya Snapdragon 680, jangan berharap kinerja yang cepat untuk tugas-tugas berat seperti bermain game. Namun jika Anda hanya menggunakan ponsel untuk tugas sehari-hari, performanya bisa cemerlang. Secara khusus, pengalaman menggunakan tampilan kecepatan refresh 90Hz terasa sangat berbeda dari layar 60Hz lama.

Untuk bermain game, ponsel ini menghadirkan kinerja yang layak di PUBG Mobile, COD Mobile, dan Asphalt 9 pada pengaturan grafis sedang. Untuk pengalaman bermain game yang lebih lancar, kami sarankan untuk mengatur pengaturan grafis ke serendah mungkin.

Untuk audio, speaker stereo di ponsel ini hanya menghasilkan kualitas suara yang sedang, dan volumenya juga tidak terlalu tinggi. Untungnya, ponsel ini masih memiliki jack audio 3.5mm, bahkan ketika lebih banyak ponsel kelas menengah dari merek lain mulai membuangnya.

Satu hal yang sangat kami sukai dari ponsel ini adalah daya tahan baterainya yang sangat tahan lama. Itu mampu bertahan lebih dari sehari. Bahkan jika layar dibiarkan dari pemutaran video terus menerus, itu merekam waktu layar hampir sembilan jam dengan baterai penuh. Jika ingin lebih tahan lama, Anda bisa mengaktifkan Power Saving Mode atau Super Power Saving Mode. Ini meningkatkan masa pakai baterai hingga tiga hari.

Sedangkan untuk kecepatan pengisian, SUPERVOOC 33W dapat mengisi penuh baterai OPPO A96 yang kosong dalam waktu sekitar 1 jam saja. Itu durasi pengisian yang cukup singkat untuk ponsel kelas menengah.

Pemindai sidik jari di sisi kanan bekerja sangat cepat. Pengenalan wajah juga cukup responsif, kecuali dalam kondisi kurang cahaya.

Sekarang, mari kita bicara tentang kinerja fotografinya. Selain yang basic, OPPO A96 menawarkan fitur kamera seperti Portrait, Night, Slo-Mo, Panorama, dan banyak lagi. Seperti kebanyakan ponsel dalam kategori ini, OPPO A96 dapat mengambil gambar yang bagus dalam pengaturan yang cerah. Di sisi lain, foto Anda mungkin terlihat buram dalam kondisi kurang cahaya. Meskipun mode Malam dapat menambahkan beberapa detail ke foto Anda, itu tidak terlalu terlihat.

Kesimpulan

OPPO A96 menawarkan spesifikasi yang baik dan pengalaman pengguna yang layak bagi kebanyakan orang. Jika yang Anda butuhkan hanyalah telepon untuk mengirim pesan teks dan menjelajah internet, Anda tidak akan mengalami masalah dengan telepon ini.

Ada juga OPPO yang memiliki layar AMOLED untuk visual yang lebih baik. Namun, model itu menggunakan chipset yang lebih lama dan mungkin tidak akan mendapatkan pembaruan Android 12. Padahal, ponsel tersebut sudah ketinggalan saat diluncurkan pada 2021.

Tinggalkan Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.