Phone Hub Untuk Menghubungkan Ponsel ke Chromebook

Phone Hub Untuk Menghubungkan Ponsel Ke Chromebook

Fitur ChromeOS yang disebut Phone Hub memungkinkan Anda menghubungkan dan mengelola ponsel Android dari Chromebook dengan lancar. Menggunakan Phone Hub, Anda dapat mengakses internet, melihat notifikasi ponsel, mengakses foto ponsel di Chromebook, dan sebagainya. Tutorial ini akan membahas bagaimana cara menyambungkan ponsel ke Chromebook menggunakan Phone Hub.

Sinkronisasi antar gadget/perangkat adalah salah satu area yang dibutuhkan Google untuk mengejar ketertinggalan dari Apple. Produk Apple seperti MacBook, iPhone, iPad, dan lainnya bekerja sama dengan lancar untuk berbagi file, pesan, obrolan video, dan lainnya.

Cara Menghubungkan Ponsel ke Chromebook Menggunakan Phone Hub

Phone Hub adalah metode Google untuk berkolaborasi dan bekerja dengan Chrome OS dan Android. Tujuan dari fungsi ini adalah untuk membuat transisi antar perangkat Google menjadi lancar dan untuk meningkatkan kompatibilitas Chrome OS dengan Android.

Poin Penting Saat Menghubungkan Ponsel Android ke Chromebook Menggunakan Phone Hub

  1. Chromebook Anda harus berjalan di OS v71 atau lebih baru. Buka “Settings“> Di bagian bawah, klik “About Chrome OS.”
  2. Ponsel Android Anda harus berjalan di Android versi 5.1 atau lebih baru. Untuk memeriksa versi OS Android, buka “Settings“> ketuk “About Phone“> klik “Android version“.
  3. Chromebook dan ponsel Android Anda harus terhubung ke akun Google yang sama.

Menyiapkan Phone Hub

  • Buka aplikasi “Settings” di Chromebook Anda dan ketuk pada “Connected devices.”
  • Di sisi kanan halaman pilih tombol “Set up” tepat di depan “Android Phone“.
  • Perangkat yang terhubung ke akun Google akan langsung terdeteksi dan menampilkan setup wizard. Pilih “Accept & Continue” untuk melanjutkan.
  • Pada halaman berikut masukkan ID & kata sandi akun Google Anda dan ketuk “Done.”
  • Sekali lagi ketuk “Done” pada halaman berikutnya.

Ponsel dan Chromebook Anda sekarang terhubung. Sekarang Anda akan menemukan simbol Phone Hub di pojok kanan bawah bilah status Chromebook Anda. Jika ikon tersebut tidak muncul di bilah status, aktifkan secara manual dari pengaturan Chromebook.

  • Buka “Settings“> Connected devices > aktifkan sakelar di depan “Phone Hub” dan pilih ponsel Anda.

Di bawah opsi Phone Hub, Anda akan menemukan tiga opsi lagi yaitu: Recent Chrome tabs, Recent photos, dan Notifications. Aktifkan opsi ini untuk melihat tab dan foto terbaru yang baru saja Anda buka di ponsel langsung di Chromebook dan untuk melihat notifikasi ponsel di Chromebook.

Kegunaan Phone Hub

Ada banyak manfaat menggunakan ponsel Android dan Chromebook secara bersamaan dengan menghubungkannya melalui Phone Hub.

Setelah Anda memberi tag pada ikon telepon (Phone Hub) dari bilah status Chromebook Anda, sebuah kotak (jendela) akan muncul dan Anda akan menemukan tiga opsi yaitu sebagai berikut:

  • Enable Hotspot: Memberi Anda konektivitas internet saat bepergian. Chromebook Anda akan menggunakan jaringan seluler Anda.
  • Silence Phone: Anda bisa menebaknya dari namanya. Dapat membisukan ponsel Anda menggunakan Chromebook.
  • Locate Phone: Menderingkan ponsel Anda untuk membantu Anda menemukannya.

Untuk menggunakan lebih banyak fungsi, seperti Smart Lock, Wi-Fi Sync, Instant Tethering, dan Messages, klik ikon “Setting gear”.

Inilah cara menghubungkan ponsel Android ke Chromebook dengan mudah menggunakan Phone Hub. Tidak diperlukan software khusus untuk melakunan ini atau perangkat lainnya — semuanya dapat dilakukan dari Chromebook itu sendiri.

Phone Hub Untuk Menghubungkan Ponsel Ke Chromebook
Post Selajutnya

No more post

Artikel Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *