SharePoint dan OneDrive : Apa Bedanya?

0 12

SharePoint dan OneDrive

SharePoint dan OneDrive telah digunakan sebagai alternatif untuk manajemen data dasar yang terkait dengan individu dan bisnis.

Dengan Microsoft yang terus mengubah dan menambahkan fitur ke Office 365, SharePoint telah ditingkatkan dan disempurnakan selama bertahun-tahun penggunaan.

Namun, kedua perangkat lunak ini pada dasarnya tidak sama dan berbeda dalam tujuan penggunaannya. Ada banyak fitur yang dapat Anda nantikan di masing-masingnya secara terpisah tergantung pada kebutuhan kolaborasi Anda yang mungkin tentang penggunaan pengguna individual oleh tim.

Nah, Pada artikel kali ini kita akan membahas SharePoint Vs OneDrive.

SharePoint Dan OneDrive

Apa itu SharePoint?

Sharepoint adalah sistem kolaborasi berbasis web yang memungkinkan integrasi semua file, folder, dokumen, dan setiap jenis informasi bisnis lainnya melalui server. Itu dapat diakses di berbagai jenis perangkat melalui koneksi internet dan browser web seperti chrome, firefox, Microsoft edge, internet explorer, dll.

Apa itu OneDrive?

OneDrive, di sisi lain, adalah manajemen dokumen online atau sistem manajemen file yang terutama bertanggung jawab untuk penyimpanannya. itu berfungsi sebagai pusat penyimpanan data dalam bentuk file, dokumen, gambar, dll, dan sebagian besar digunakan oleh tim yang bekerja dalam kolaborasi pada data bersama. Individu juga menggunakan OneDrive untuk tujuan penyimpanan.

Perbedaan antara SharePoint dan OneDrive

OneDrive Vs SharePoint: Fitur

1. Kegunaan

Perbedaan mendasar antara SharePoint dan OneDrive adalah kasus penggunaannya. Sementara SharePoint pada dasarnya adalah sistem kolaborasi pengguna yang memungkinkan akses dan pengeditan file umum oleh anggota tim.

Namun OneDrive pada dasarnya adalah penyimpanan file dan alat berbagi file antara anggota tim dengan fitur terbatas untuk memanipulasi data. OneDrive dapat berfungsi sebagai dukungan backend dalam pembuatan situs web karena tidak memungkinkan pembuatannya.

2. Berbagi file

Berbagi file adalah fitur umum di SharePoint dan OneDrive. Dalam kasus SharePoint, titik akses dapat ditentukan sebelumnya oleh administrator dan data dapat dibagikan di antara anggota tim.

Dalam kasus OneDrive, data atau file hanya dapat diakses oleh orang lain jika pemiliknya memberikan hak dan izin individu. Anda dapat mengakses dan berbagi file pribadi dari OneDrive ke situs tim SharePoint mana pun.

3. Enkripsi

Dalam hal enkripsi dan keamanan data, SharePoint memiliki keunggulan dibandingkan OneDrive karena memiliki fitur keamanan kelas atas yang memungkinkan lapisan tambahan kontrol pengguna dan izin akses ke basis pengguna. Meskipun OneDrive dan SharePoint dilengkapi dengan fitur enkripsi, SharePoint lebih andal dalam hal ini.

SharePoint dan OneDrive dienkripsi untuk izin di semua platform ke dan dari server.

4. Keamanan data

Keamanan data dapat dikelola dengan mengontrol akses di kedua alat tersebut. Sementara OneDrive adalah untuk pengguna individu, data dikendalikan oleh pemilik yang mengontrol sendiri siapa yang mendapatkan akses ke apa.

Dalam kasus SharePoint, titik akses dikelola oleh administrator dan dapat dibagikan atau dicabut oleh tim yang berkolaborasi.

5. Aksesibilitas

OneDrive adalah alat yang lebih pribadi yang dibuat terutama untuk penggunaan individu yang memberikan setiap kontrol tunggal kepada pengguna atau pemilik. Hanya ketika akses diberikan, orang lain dapat melihat atau mengedit data.

Dalam kasus SharePoint, ini terutama merupakan sistem manajemen data tim yang memungkinkan anggota tim yang berbeda untuk mendapatkan akses ke data bersama dalam kapasitas yang berbeda. Ini memungkinkan banyak pengguna dan tim untuk mengerjakan data yang sama secara bersamaan saat diberikan izin.

6. Manajemen sumber daya

Manajemen sumber daya sangat penting bagi perusahaan dan bisnis yang ingin menerbitkan konten mereka melalui web (media sosial lebih tepatnya). Meskipun versi terbaru OneDrive mencakup sebagian besar fitur penanganan dokumen SharePoint seperti penawaran dokumen, templat, audit, alur kerja, dll, namun masih kekurangan sumber daya pemasaran yang dimiliki SharePoint.

Ini termasuk koneksi media sosial, koneksi situs web, dll. Yang memungkinkan Anda untuk mempublikasikan konten Anda.

7. Situs web dan aplikasi

SharePoint adalah aplikasi serbaguna yang membantu berkolaborasi dengan data dan basis pengguna Anda serta memungkinkan Anda mengembangkan situs web, aplikasi web, dan dokumen perusahaan yang interaktif. Alat Sistem Manajemen Konten memungkinkan Anda untuk mengunggah dan berbagi dokumen di seluruh perusahaan dan membiarkan basis pengguna Anda (karyawan) mengaksesnya untuk penggunaan internal.

Namun, dengan OneDrive, Anda tidak dapat memublikasikan konten melalui web. Anda hanya dapat membagikannya atau membuatnya dapat ditemukan oleh anggota tim Anda.

8. Dasbor dan alur kerja

Dengan SharePoint, Anda dapat dengan mudah mengelola kontrol akses data untuk pengguna dan karyawan yang berbeda. Anda dapat bekerja di ruang kerja kolaboratif yang menyertakan dasbor, pembaruan, kalender pemberitahuan, dll. Bertindak sebagai pusat penyimpanan untuk semua data yang diinginkan. Situs SharePoint dapat dibuat untuk basis pengguna yang berbeda dan akses dapat dikelola di atasnya.

Dengan OneDrive, pada dasarnya Anda dapat berbagi data dan dokumen dengan tim dan karyawan Anda, tetapi Anda akan menemukan sebagian besar fitur yang disebutkan di atas jika kontrol akses dan berbagi informasi dalam kasus OneDrive.

Sementara pemilihan antara SharePoint dan OneDrive sangat bergantung pada kebutuhan individu dan bisnis Anda, sebagai kepercayaan umum, SharePoint adalah alat yang diterima secara luas dan dipuji dalam hal pengelolaan dan berbagi konten.

Keputusan ini juga akan bergantung pada apakah Anda menginginkan solusi di tempat atau solusi melalui cloud dengan rangkaian fitur yang diinginkan. Office 365 menawarkan berbagai fitur melalui cloud dengan kemampuan OneDrive dan SharePoint. Di sisi lain, SharePoint melayani persaingan ketat dalam menawarkan fitur serupa yang diatur dalam solusi lokal.

Baik SharePoint dan OneDrive ditawarkan oleh Microsoft tetapi pada dasarnya adalah dua alat yang berbeda. Jika tujuan utama Anda adalah untuk memastikan penyimpanan file dan data memungkinkan pengeditan sesekali, Anda dapat menggunakan OneDrive. Namun, jika Anda menantikan sistem kolaborasi tim yang memungkinkan banyak anggota tim bekerja secara bersamaan pada sistem manajemen data umum yang memungkinkan mereka membaca, mengedit, dan mengelola data, maka SharePoint adalah opsi yang lebih baik.

Tinggalkan Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.