Tanda Akun Media Sosial Anda Telah Diretas

0 5,485

Tanda Akun Media Sosial Anda Telah Diretas

Inilah Tanda Akun Media Sosial Anda Telah Diretas. Peretas dapat diam-diam mengendalikan akun media sosial Anda tanpa sepengetahuan Anda. Jadi, perhatikan tanda-tanda ini.

Menjaga data kita tetap aman saat online adalah salah satu hal tersulit di era digital ini. Tidak peduli seberapa aman platform media sosial dan seberapa hati-hati Anda mengikuti panduannya, orang-orang masih terjebak penipuan dan akun mereka diretas.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda yang menunjukkan bahwa salah satu akun media sosial Anda telah diretas untuk mengambil tindakan yang diperlukan tepat waktu. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa tanda tersebut.

Kata Sandi Anda Telah Diubah

Tanda pertama yang mungkin bahwa akun media sosial Anda telah diretas adalah ketika Anda tidak dapat masuk ke akun Anda dengan kata sandi Anda. Jika Anda melihat platform media sosial yang mengonfirmasi bahwa kata sandi Anda telah diubah baru-baru ini, tetapi bukan Anda yang mengubahnya, itu adalah tanda yang jelas bahwa orang lain telah mengakses akun Anda dan mengubah kata sandi Anda.

Namun, ada kemungkinan peretas dapat mengakses akun Anda dan melakukan apa pun yang mereka inginkan tanpa mengubah kata sandi Anda untuk menghindari kecurigaan. Dalam hal ini, tanda ini tidak akan membantu, jadi Anda perlu melihat gejala lain yang tercantum di bawah ini.

Posting Acak Dari Profil Anda

Jika peretas ingin mempromosikan salah satu penawaran mereka atau berbagi tautan dengan audiens yang besar, mereka harus melakukannya pada garis waktu agar semua orang dapat melihatnya.

Apakah teman Anda memberi tahu Anda tentang pos yang tidak biasa dari profil Anda atau Anda melacaknya sendiri, itu adalah tanda bahwa akun Anda mungkin telah diretas baru-baru ini.

Anda berisiko lebih besar diretas jika Anda adalah admin halaman populer atau akun Anda sangat populer.

Kontak Anda Melaporkan Pesan Tidak Biasa

Dengan cara yang sama seperti peretas memanipulasi garis waktu Anda untuk menyebarkan pesan mereka ke seluruh audiens Anda, mereka juga dapat menggunakan pesan pribadi Anda untuk melakukan hal yang sama. Jadi, periksa apakah ada pembagian tautan yang tidak biasa yang tidak Anda bagikan atau pesan yang tidak Anda kirim melalui jaringan Anda.

Jika Anda melihat aktivitas seperti itu, itu indikasi jelas lainnya bahwa seseorang telah mengakses akun Anda tanpa sepengetahuan Anda. Selain itu, peretas mungkin telah menghapus pesan yang dikeluhkan teman Anda dari pihak Anda jika Anda tidak dapat menemukannya. Jadi, lakukan tindakan pencegahan dalam situasi seperti itu juga.

Login Dari Lokasi Terpencil

Mayoritas platform media sosial melacak riwayat login Anda. Jadi, jika peretas mendapatkan akses ke akun Anda, Anda akan melihat akun Anda diakses dari tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya.

Beberapa platform media sosial juga melacak perangkat dan waktu login yang tepat. Oleh karena itu, jika Anda melihat seseorang mengakses akun Anda saat Anda tidur dari perangkat yang tidak pernah Anda miliki, itu adalah indikator lain dari kemungkinan pelanggaran.

Menggunakan tanda ini untuk mengonfirmasi risiko akun Anda diretas bisa jadi sulit jika Anda sering menggunakan VPN saat mengakses platform media sosial . Dalam hal ini, Anda harus melihat tanda-tanda lain pada daftar.

Peningkatan Jumlah Teman atau Pengikut yang Tidak Biasa

Ketika Anda melihat ratusan teman baru ditambahkan ke daftar teman Anda dalam semalam, peningkatan yang tidak biasa dalam jumlah orang yang Anda ikuti, atau permintaan tertunda yang dikirim dari pihak Anda, ini merupakan indikasi yang jelas bahwa telah terjadi penyusupan.

Hal yang sama berlaku untuk aktivitas dan interaksi di seluruh grup dan halaman yang Anda miliki atau menjadi bagian dari Facebook, LinkedIn, dan platform lainnya.

Peretas sering memanfaatkan kesempatan ini untuk menyebarkan tautan dan konten berbahaya dengan menambahkan orang lain ke jaringan Anda atau menggunakan otoritas Anda untuk mencapai apa yang mereka butuhkan.

Aktivitas Mencurigakan di Halaman atau Grup Bisnis Anda

Jika Anda memiliki halaman atau grup yang sudah mapan, periksa apakah ada aktivitas mencurigakan yang terjadi melaluinya. Jika Anda melihat seseorang mengikuti akun acak melalui halaman Anda, menjalankan promosi yang belum Anda lakukan, atau mencoba menjual sesuatu yang belum Anda daftarkan, itu juga bisa menjadi tanda bahwa akun Anda telah disusupi.

Selain itu, perubahan izin admin halaman atau grup yang ditautkan ke akun Anda yang belum diubah oleh admin atau moderator lain juga merupakan tanda peringatan yang harus Anda waspadai. Ini hanyalah salah satu dari banyak cara yang digunakan peretas untuk mencuri identitas Anda di media sosial .

Menerima Email Pemberitahuan Tentang Akses Tidak Sah

Jika Anda telah mengaktifkan lapisan keamanan ekstra untuk menerima peringatan tentang login yang tidak sah, sebagian besar jaringan media sosial seperti Facebook, Twitter, dll., akan memberi tahu Anda jika perangkat yang tidak sah mencoba mengakses akun Anda.

Ketika Anda menerima email dari jaringan semacam itu yang meminta Anda untuk mengonfirmasi apakah Anda telah mencoba masuk ke perangkat tertentu saat ini, dan Anda belum melakukannya, itu tanda lain bahwa akun Anda telah diretas.

Selain itu, jika Anda menerima email yang meminta Anda untuk mengubah kata sandi atau memverifikasi OTP Anda, ada baiknya untuk memeriksa riwayat masuk akun Anda untuk melihat apakah seseorang telah berhasil dan masuk ke akun Anda.

Mendaftar untuk Langganan dan Pembelian Tidak Biasa

Anda harus berhati-hati jika melihat beberapa pembelian langganan yang tidak biasa, seperti mendaftar ke LinkedIn premium, tanpa sepengetahuan Anda. Anda juga harus memeriksa aplikasi atau situs web yang Anda daftarkan untuk menggunakan akun Anda tetapi tidak ingat melakukannya.

Selain itu, jika Anda melihat seseorang menjual atau membeli barang di grup atau pasar, mengirim obrolan super, atau menghubungi influencer untuk promosi, orang lain mungkin menggunakan akun Anda.

Aktivitas Mencurigakan di Pengelola Iklan Anda

Peretas juga dapat mencoba mengakses profil Anda untuk memanfaatkan pengelola iklan Anda. Anda mungkin melihat kampanye berjalan untuk mempromosikan halaman atau menjual produk, dengan kartu kredit acak ditambahkan sebagai metode pembayaran, yang mengonfirmasi bahwa peretas telah mengakses akun Anda.

Aktivitas mencurigakan apa pun di manajer iklan Anda atau kampanye setengah penyiapan yang Anda tidak ingat pernah menyiapkannya mungkin mengindikasikan mata pemangsa telah mengakses akun media sosial Anda.

Tanda Lain yang Harus Diperhatikan

Jika akun Anda terkena pelanggaran, Anda mungkin melihat perubahan yang tidak biasa dalam pengaturan privasi yang belum Anda sesuaikan. Misalnya, orang yang muncul di daftar blokir yang belum Anda tambahkan dan cerita promosi yang tidak biasa yang diposting dari akun atau halaman Anda.

Selain itu, Anda harus memperhatikan pencapaian acak yang diposting dari profil Anda, check-in di acara dan tempat yang tidak terduga, atau perubahan serupa lainnya di profil Anda.

Kenali Tandanya dan Lindungi Akun Media Sosial Anda

Mudah-mudahan, Anda sekarang tahu untuk melihat semua tanda akun media sosial yang diretas. Perhatikan tanda-tanda ini dan ketika Anda melihatnya, ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi akun Anda.

Tinggalkan Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.